Rabu, 23 Juni 2010

A Bootable USB Untuk Install OS di Netbook

Dapat rejeki memperbaiki sistem operasi pada netbook tetangga, wah lumayan rejeki buat makan bakso 4 mangkok bersama teman-teman. Ternyata sistem operasinya terkena virus dan ada beberapa file sistem yang terhapus, berfikir!!! bagaimana cara menyelamatkan datanya? masa harus bongkar netbooknya? masih ada segelnya!!! dan akhirnya satu solusi yang saya dapat dengan mempergunakan flashdisk 4 GB dan saya jadikan Ubuntu Live CD dengan mempergunakan utility Unetbootin (Tutorial Unetbootin di postingan berikutnya) untuk membuat live cd Ubuntu ...ehm .... akhirnya data bisa saya ambil dan saya pindahkan ke flashdisk. SELAMAT.  Setelah satu masalah terselesaikan ada satu masalah lagi nih, yaitu bagaimana cara menginstall sistem operasi Windows Vista !!! di Netbook tidak ada VCD atau DVD Drive nya?   :nerd  sepertinya saya harus membuat instalan sistem operasi menggunakan USB lagi nih ...  masih ada 1 Flashdisk dengan kapasitas 2 Gb, sepertinya cukup dibuatkan USB Bootable pengganti DVD Drive, pindah ke laptop saya, cari iso Win Vista di data file software laptop saya dan jalankan program A Bootable USB ... cara penggunaanya mudah jadi tidak butuh pendamping ahli komputer.  1. Format dulu USB Flashdisknya, 2. Pilih ISO dan cari ISO berada di folder mana, 3. Klik Start ISO ke 4. Tunggu sampai selesai dan klik Finish. Setelah selesai saatnya flashdisk bootable tersebut dicolokkan ke Netbook dan setting bios nya agar boot nya di USB .... selanjutnya ikutin instruksi instalasi ... finish deh ... tinggal install aplikasi tambahan lainnya seperti MS Office, Winamp dll.


Download Utility A Bootable USB disni.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar